Login Form

PERSIAPAN PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI TENAGA KESEHATAN TAHUN 2013 DI KALIMANTAN TENGAH

Bahwa sebagai pelaksanaan ketentuan Pasal 23 ayat (5) Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009, peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan, dan dalam rangka pemberian izin, perlu mengatur registrasi tenaga kesehatan.

 

Yang dimaksud tenaga kesehatan disini adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan/atau ketrampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu, memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.

Setiap tenaga kesehatan yang akan menjalankan pekerjaannya wajib memiliki STR (Surat Tanda Registrasi.

Untuk memperoleh STR, tenaga kesehatan harus memiliki IJAZAH dan SERTIFIKAT KOMPETENSI.

Ijazah dikeluarkan oleh perguruan tinggi bidang kesehatan dan sertifikat kompetensi dikeluarkan oleh Institusi Pendidikan setelah yang bersangkutan LULUS UJI KOMPETENSI.

Setelah lulus uji kompetensi, tenaga ybs memperoleh Sertifikat Kompetensi, sertifikat Kompetensi sebagai persyaratan untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) yang dikeluarkan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesi (MTKI) yaitu wadah organisasi Kemenkes RI yang menangani STR untuk semua jenis tenaga kesehatan selain dokter, dokter Gigi, Apoteker , STR sebagai persyaratan untuk mendapatkan SURAT IJIN PRAKTEK (SIP) atau SURAT IZIN KERJA yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 1796/Menkes/Per/VIII/2011 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan, maka Uji Kompetensi (UK) tenaga Kesehatan akan dimulai tahun 2013.

Uji Kompetensi tenaga kesehatan tahun 2013 dilaksanakan oleh MTKI dan MTKP (Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi bersama Kementrian  Pendidikan Kebudayaan ( Peraturan bersama MENKES dan Mendikbud tentang Uji Kompetensi Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Bidang Kesehatan), yang di uji adalah teanag BIDAN dan PERAWAT lulusan tahun akademik 2013 setelah dikeluarkannya MOU Dirjen Dikti dengan PPSDM Kemenkes RI.

MTKP Kalimantan Tengah sebagai perpanjang tangan MTKI di propinsi Kalimantan Tengah, telah mengusulkan 1025 orang Bidan dan Perawat lulusan Institusi Pendidikan tenaga Kesehatan di Kalimantan Tengah tahun 2013 ke MTKI untuk mengikuti Uji Kompetensi pada bulan Agustus 2013 di Kalimantan Tengah.

Semua upaya yang disebut di atas merupakan upaya PENINGKATAN KUALITAS SDM KESEHATAN yang searah dengan pembangunan kesehatan yang merupakan Agenda meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui pelayanan kesehatan yang berkualitas.